The Saddest Songs About Broken Home

Sadness (Broken Home)

Jika seseorang putus kemudian menciptakan lagu kegalauannya itu sudah jadi lagu lama. Tapi pernahkah kamu ingin membuat sebuah lagu tentang hubunganmu dengan keluarga meski lagu tersebut memiliki makna yang sedih?

Rasanya tak semua penyanyi bisa mengungkapkan perasaan mereka melalui sebuah lagu yang diciptakannya.  Terlebih lagi jika harus bermasalah dengan hubungan kekeluargaan. Namun beberapa musisi yang peduli betapa pentingnya arti sebuah keluarga itu bisa saja menulis lagu bertema keluarga.
Berikut adalah beberapa lagu tersedih tentang Broken Home.

The Day I Left The Womb – Escape The Fate

Lagu ini mengisahkan tentang keluarga Ronnie Radke, mantan vokalis band Escape The Fate.
“Mother,where are you today?. No recollection nor the smell of your perfume.” Ia tumbuh tanpa sosok ibu. Sang ibu pergi meninggalkan keluarganya karena alasan yang tidak diketahui. Beberapa berpendapat bahwa ibunya adalah seorang pemakai obat terlarang.
“Brother, put your needles down. The best thing for you is to leave this awful town.”Kemudian saudaranya juga pergi meninggalkan keluarganya.
“Your Withered Heart, and everything its seen. Your cuts and callises.” Dalam lagu tersebut ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya selama ini telah membesarkan dia.

Mockingbird Headlights – Eminem

Pasti sudah kenal dengan rapper kondang ini dong, Eminem. Dalam lagunya “Mockingbird” ini menceritakan tentang hubungannya dengan anak kandungnya Hailie Jade, anak adopsinya Alaina dengan mantan istrinya Kim dan Ibunya. Yah, Eminem telah menikah 2 kali dan semuanya kandas.
“Now hush little baby, don’t you cry. … . Daddy’s here to hold ya through the night.”
Lagu tersebut menunjukkan betapa pedulinya Eminem terhadap keluarganya. Bahkan ia juga menyembahkan sebuah lagu permintaan maafnya kepada sang bunda, Debbie Mathers.
Headlights – Eminem


Simple Plan - Perfect 

Punya cita – cita dan keinginan, namun ditentang oleh orang tua. Yah, lagu “Perfect” ini menceritakan tentang kisah pribadi Drummer Simple Plan Chuck Comeau. Meski tak direstui oleh orangtuanya, Chuck tetap memilih karir sebagai musisi. Lagu yang ia tulis bersama Bouvier ini mengungkapkan perasaannya bahwa ia tidak pernah menyesal dengan apa yang ia lakukan dan juga meminta maaf karena ia tak bisa sesempurna dengan yang diharapkan orang tuanya. Meskipun nama band nya sudah terkenal, namun ia juga memiliki kelemahan. “I’m sorry. I can’t be perfect. Now it’s just too late and We can’t go back.”


Blink 182 - Stay Together for the Kids

Tom DeLonge menulis tentang perceraian orangtuanya dalam lagu Stay Together for the Kids. “So here’s your holiday, hope you enjoy it this time.” Sebenarnya lirik ini adalah sindiran untuk kedua orangtuanya. Namun ia berharap bahwa kehidupan mereka bisa bahagia.

Because Of You - Kelly Clarkson

Lagu ini Kelly tulis berdasarkan buku hariannya sejak ia berumur 16 tahun. “Because Of You” adalah sebuah lagu yang menceritakan tentang perceraian. Ia berharap para orang tua sadar dan menyadari bagaimana efek akibat perceraian terhadap anak – anaknya. “I was so young. You should have known better than to lean on me.” Dalam Video klipnya jelas menggambarkan suasana dan emosional lagunya. Huh, jika dihayati, lagu ini benar – benar ingin membuatku menitiskan air mata. Hiks.

For The Love of a Daughter – Demi Lovato

Lagu ini ditulis oleh Demi dan William Beckett dalam album Unbroken. For The Love of a Daughter menceritakan tentang keretakan hubungannya dengan sang ayah. Yah, kedua orangtuanya telah lama berpisah. “It's been five years since we've spoken last”, lirik tersebut menunjukkan bahwa ia dan sang ayah sudah lima tahun tidak berhubungan. Dalam lagu tersebut, ia tampak kecewa, sedih sekaligus marah dengan sang ayah, “Don't you remember I'm your baby girl?. How could you throw me right out of your world”.

I Hate You, Don’t Leave Me – Demi Lovato

Satu lagi sebuah lagu tentang kehidupan pribadi Demi. Yah, di lirik lagu “I Hate You, Don’t Leave Me” ini lebih menunjukkan rasa kesedihannya. Sepertinya lagu ini ia tujukan kepada sang ayah yang telah meninggal pada tahun 2013 lalu. Sekali lagi ia berharap agar sang ayah bisa mencintai dan kembali seperti dulu. “Just hear me out before you run away. Cause I can’t take this pain, no”. Namun keinginannya tersebut tampaknya sudah terlambat. “I’m a daughter of the sadness”.

Itu dia beberapa lagu yang mengisahkan tentang perceraian. Meskipun mereka sudah terkenal, tetapi mereka tidak pernah malu untuk mengungkapkan perasaan mereka yang sebenarnya. Bahkan hal itu membuat mereka lebih kuat dan tegar dalam menjalani hidupnya sekarang. Buat kalian, khususnya jika keadaan kalian seperti lagu - lagu diatas, janganlah keadaan itu membuatmu merasa terpuruk. Jadikanlah motivasi hidupmu kelak ketika kamu sudah berkeluarga.


Punya rekomendasi lagu lain? silakan komen

penulis : solikul

Mukhamat Solikul

2 comments:

  1. Hai, kenalkan saya Thella. Aku dan teman-temanku membangun sebuah komunitas "Rumah Kedua" yang menjadi wadah bagi anak-anak berlatar belakang broken home untuk saling berbagi cerita, kasih sayang, dan semangat. Selengkapnya bisa kalian cek di http://mrrsforlife.blogspot.com/ dan kuharap kalian bisa bergabung :) *tetapsemangatya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Thella, trimakasih yah atas rekomendasinya... #Cheers!

      Delete

Translate

Instagram