12 PRINSIP
ANIMASI beserta
contohnya
12 PRINSIP ANIMASI.
1. 1.
Squash
and stretch / kelenturan, pencet dan meregang (memendek dan meregang
bidang).
Misal = kaki memendek dan
meregang pada saat berlari.
2. Anticipation / gerakan
pendahuluan.
Misal = orang yang akan
mengambil benda, orang itu melihat benda kemudian tangan bergerak mengambil
benda.
3.
Staging / pementasan/presentasi.
Misal = dari sebuah ide
ceritera bagaimana supaya orang bisa memahami dengan jelas, apakah perlu dengan
“long-shot”
supaya semua gerakan terlihat, atau cukup dengan “close-up” saja.
4. Straight
ahead action (tindakan kedepan lurus) and pose to pose.
Misal = suatu gambar yang
menunjukan gerakan dari awal sampai akhir (pose to pose) kemudian gambar
inbetweennya dilanjutkan asisten
animator.
5. Follow
through (selesai) and overlapping action = suatu gerakan penutup sebelum
benar-benar diam.
Misal = rambut, baju,
ekor, telinga dsb akan tetap bergerak beberapa saat walaupun orang tsb berhenti.
6.
Slow in
and slow Out/Ease in dan Ease Out = Percepatan
dan Perlambatan.
Misal = pantulan bola ke
atas semakin lambat, pantulan bola ke bawah semakin cepat.
7.
Arcs = Lengkungan.
Misal = lambaian tangan.
8.
Secondary
action = gerakan lain yang mengikuti gerakan
utama.
Misal = kuda lari berdebu,
orang sholat sarungnya diiringi gerakan
sarung.
9.
Timing = saat yang tepat bagi gerakan.
Misal = orang memukul,
mulut bicara dll.
10.
Exaggeration
= berlebih-lebihan.
Misal = orang melotot sampai
matanya keluar, mobil jalan reat-reot.
11.
Solid
drawing = setiap gambar harus mudah
dipahami.
12.
Appeal = daya tarik suatu karakter.
No comments:
Post a Comment