10 Best Islamic Singers

Islamic Singers
Hampir semua orang tentu pernah mendengarkan musik. Karena musik juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun, tidak semua musik yang kamu dengarkan terdengar nyaman ditelinga kamu. Itu tergantung selera musik yang kamu sukai.
Tentunya kamu memiliki sebuah genre yang cocok denganmu. Berkaitan dengan suasana hati, mendengarkan musik religi akan membuat hatimu terasa lebih damai dan tenang.
Musik religi atau nasyid sekarang juga tengah mengalami modernisasi. Selain lirik, syair lagunya yang membahas tentang ajaran agama, dari segi instrumental nya juga dikemas lebih menarik.
Tidak sedikit pula penyanyi muslim yang memiliki nuansa religi ataupun nasyid. Akan tetapi, tidak semuanya memiliki ketenaran yang sama. Berikut adalah penyanyi muslim yang cukup terpopuler dan terbaik bernuansa Islami.

1. Sami Yusuf 
Sami Yusuf
Sami Yusuf lahir 1 Juli 1980, adalah seorang penyanyi-penulis lagu Inggris-Iran, komposer, produser dan musisi multi-instrumentalis. Pada tahun 2003 Yusuf merilis debut album Al-Mu'allim pada usia 23, menjual lebih dari dua juta kopi. Setelah merilis album kedua "My Ummah" pada tahun 2005, Yusuf telah digembar-gemborkan sebagai "Bintang Rock Islam Terbesar" oleh majalah Time untuk sukses dalam menarik basis penggemar yang relatif muda dari daerah yang beragam di seluruh dunia, kebanyakan mereka dari latar belakang Muslim.


2. Maher Zain 
Maher Zain
Maher Zain lahir di Tripoli, 16 Juli 1981, adalah penyanyi R&B Swedia, penulis lagu dan produser musik asal Lebanon. Album debutnya Thank You Allah, dengan 13 lagu dan dua lagu bonus dirilis pada 1 November 2009, dengan Versi Perkusi eksklusif dan Versi Perancis dirilis tak lama kemudian. Dia bernyanyi terutama dalam bahasa Inggris, namun juga, antara lain, dalam bahasa Perancis, Arab, Urdu, Turki, Melayu, dan Indonesia.




3. Zain Bhikha
Zain Bikha
Zain Bhikha  merupakan vokalis nasyid dari Afrika Selatan. Albumnya telah beredar di banyak negara, di antaranya Britania Raya, Amerika Serikat dan Kanada, Turki, Timur Tengah, Malaysia dan Australia. Zain Bhikha merupakan salah satu ikon dari musik Islam. Sebagian besar lirik-lirik nasyidnya ditulis oleh Zain sendiri dan sebagian lainnya diadaptasi atau terjemahan ke bahasa Inggris dari puisi-puisi dan lagu-lagu Arab.



4. Opick
Opick
Aunur Rofiq Lil Firdaus atau lebih dikenal dengan nama Opick merupakan seorang pencipta lagu dan penyanyi religius beretnis Jawa berkebangsaan Indonesia. Album pertamanya ialah Istighfar dirilis tahun 2005. Sebulan pertama setelah dirilis, album ini mampu mencetak dobel platinum dengan penjualan lebih dari 300 ribu kopi. Album Istighfar sukses di pasaran, hingga menembus lebih dari 800 ribu kopi dan mendapat penghargaan lima platinum sekaligus. Karena aktivitasnya dalam lagu Islami, Opick dinobatkan sebagai duta grup musik Islami Nasyid oleh lembaga ANN (lembaga nasyid nusantara).


5. Hamza Namira
Hamza Namira
Hamza Namira adalah seorang penyanyi berkebangsaan Mesir, penulis lagu, dan multi-instrumentalis. Namira bernyanyi pada budaya modern Arab, membahas isu-isu sosial dan kemanusiaan yang relevan melalui lagu-lagunya. Namira merilis 3 album; Dream With Me, "Insan", dan Esmaani yang diproduksi oleh Awakening Records.


6. Raihan
Raihan
Raihan adalah sebuah grup nasyid yang berasal dari Malaysia. Raihan sendiri berarti wewangian, dan memulai debut dengan album Puji-pujian dan laku keras termasuk di Indonesia. Raihan pernah mendapatkan double platinum dalam album Demi Masa. Raihan sering pula diundang untuk konser di seantero dunia, diantaranya di Hongkong, Kanada, Perancis, Rusia dan Inggris. Saat konser di Inggris, Raihan di berikan penghargaan oleh Ratu Elizabeth II.


7. Dawud Wharnsby
Dawud Wharnsby
Dawud Wharnsby adalah seorang penyanyi-penulis lagu Kanada, penyair, pendidik dan personaliti media. Seorang multi-instrumentalis, ia terkenal karena kerja kerasnya untuk genre nasyid berbahasa Inggris. Ia terkenal karena dokumenter A New Life in A New Land : The Muslim Experience in Canada, yang diproduksi di Kanada dan program pendidikan anak-anak Watch Celebrations: Ramadan, yang diproduksi BBC Skotlandia.


8. Native Deen
Native Deen
Native Deen merupakan grup hip-hop Islami dari Washington DC. Seperti halnya musik hip-hop sebagian besar lagu-lagunya hanya diiringi oleh instrumen perkusi dan sejenis gamelan (xylophone). Liriknya-liriknya banyak berbicara tentang nilai-nilai Islam (tauhid, haji, sabar, tawakkal) dan nilai-nilai kemanusiaan yang universal. Dengan menggunakan musik hip-hop yang mudah didengar serta menggunakan bahasa Inggris, grup nasyid ini sangat populer mulai dari negara asalnya Amerika Serikat sampai Eropa, Asia, Afrika dan Timur Tengah. Grup nasyid ini sempat mengadakan konser di jalur Gaza, Palestina.



9. Yusuf Islam
Yusuf Islam
Yusuf Islam (Cat Stevens, lahir dengan nama Stephen Demetre Georgiou) adalah seorang penulis lagu dan pemusik yang berasal Britania Raya. Stevens menjadi seorang mualaf dan memeluk agama Islam pada tahun 1978 setelah mengalami near-death experience. Ia lalu mengambil nama Yusuf Islam dan menjadi seorang pendakwah vokal agamanya yang baru.


10. Ahmed Bukhatir
Ahmed Bukhatir
Ahmed Bukhatir adalah seorang penyanyi Nasyid Emirat. Ahmed memulai bernasyid Islam pada usia yang sangat dini, namun tidak sampai tahun 2000 ia merilis album pertamanya Entasaf Al-Layl diikuti oleh enam album, yang paling baru Moments with Allah yang dirilis pada bulan Agustus 2010.




Mukhamat Solikul

No comments:

Post a Comment

Translate

Instagram